Belajar Menghormati Keagungan Ekaristi ?

Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus mengingatkan kita kembali akan agung dan luhurnya santapan Ekaristi kudus. Maka perlunya kita belajar menghormati Tubuh dan Darah Kristus, merupakan inti dari tulisan ringkas saya ini. Pertanyaan mendasar yang mau direnungkan adalah “apa yang harus kita siapkan saat hendak merayakan Ekaristi?” dan juga tambahan lain yang sebaiknya dilakukan untuk menghormati santapan Ekaristis.

Pertama, Sikap kita tercermin dari apa yang nampak/kelihatan. Maka pertama-tama sudah selayaknya anda mempersiapkan diri dengan pakaian yang pantas (hendaknya BUKAN kaos oblong, sandal jepit, celana pendek/mini, pakaian ½ jadi/tanktop); tentu ini kekecualian bagi anak-anak kecil atau karena alasan lain yang wajar.

Kedua, Memberi waktu untuk berkomunikasi vertikal dengan Tuhan. Datanglah sebelum ekaristi dimulai, dan mulailah dengan cara: HIDUPKAN pikiran, perasaan, dan hati anda hanya kepada Tuhan; dan segera MATIKAN HP anda. Taruhlah pikiran, pekerjaan, problem, keluarga, dan apapun yang anda miliki untuk diberkati dan disempurnakan oleh Tuhan.

Ketiga, berpartisipasilah dalam perayaan ekaristi. HEHING, bukan berarti tak berkata-kata dan tak bergerak. Dalam Ekaristi, ada saatnya dimana kita berdiri-duduk-berlutut-tunduk memberi hormat. Koor bukanlah ibarat “kaset” yang diputar untuk melantunkan lagu dan nyanyian. Maka, hendaklah anda juga ikut bernyanyi dan memuji Tuhan.

Keempat, ketika anda berpapasan dengan pelayan komuni yang sedang membawa Tubuh Kristus saat Ekaristi, tunduklah dan berilah Jalan. Bukan sebaliknya, justru pelayan komuni susah mencari jalan karena kita tidak peduli dengan apa yang sedang dibawa.

Sdr/i, apa yang saya ungkapan di atas, belumlah menjawab semua hal dalam mempersiapkan Ekatisti. Tetapi minimal, beberapa hal di atas memebantu kita untuk belajar menghormati Ekaristi, sebab dalam Perayaan Ekaristi Yesus sungguh-sungguh hadir di hadapan kita. Mari kita menghormati dan mengagungkan rejeki rohani dari Yesus Kristus ini.

  • Romo Rufinus S.H., MSF