BELAS KASIHAN TUHAN

Senin, 21 September 2020

Bacaan Injil Matius (9:9-13)

 

9:9 Setelah Yesus keluar dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepada-Nya: “Ikutlah Aku.” Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama  dengan  Dia  dan  murid-murid-Nya.  9:11  Pada  waktu  orang  Farisi  melihat  hal  itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: “Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?” 9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: “Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. 9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa.”

Pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Yesus kehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Yesus datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa. (Mat 9:13)

 

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Pada suatu hari saat proses pembelajaran jarak jauh, Renata yang merupakan salah satu siswi cerdas di sekolahnya memiliki cerita yang membuat dirinya malu saat pembelajaran. Ia pernah mengerjakan tugas dengan mencontek tugas temannya yang di bagikan di group kelas. Saat ibu guru bertanya kepada Renata, ia mengatakan bahwa ia telah mencontek hasil temannya karena ia lelah setelah seharian menonton film drama korea sehingga lupa untuk mengerjakan tugas yang dikumpulkan pada saat itu. Ia menyesalinya dan segera meminta minta maaf kepada Tuhan, guru dan temannya itu. Kemudia ibu gurunya itu memaafkan dan meminta Renata untuk menyelesaikan tugas dengan batas waktu yang ditentukan.

Kisah Renata hari ini menyadarkan kita akan kasih Tuhan kepada kita yang mengakui kesalahan

serta dosa agar mendapatkan pengampunan. Dosa memang sangat mudah jika kita lakukan, tapi bukan itu yang diperkenankan Tuhan dalam hidup kita. Ia ingin merasakan belas kasihan secara nyata yang kita lakukan untuk-Nya. Jika kita membuat kesalahan, segeralah mengakuinya serta memohon ampun akan kesalahan yang sudah kita buat. Dengan demikian kita juga akan mendapatkan belas kasihan dari Tuhan.

Sebagai manusia yang di sayang oleh Tuhan, sudah selayaknya kita memiliki hubungan yang baik kepada-Nya.  Yesus  memanggil  orang  berdosa,  itu  artinya  kita  semua  dipanggil  oleh  Tuhan  untuk memiliki  hubungan  yang  baik  setelah  kita  melakukan  dosa  kepada  Tuhan.  Saat  melakukan  dosa, sadarkah kita melakukannya? Jika sadar, mintalah kepada Tuhan untuk membimbing kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan jangan lupa untuk memohon pengampunan dari-Nya.

 

REFLEKSI

Bersediakan aku memiliki hubungan yang semakin hari semakin baik bersama Tuhan?

 

DOA

Tuhan Yesus yang baik dan murah hati, kami sadar bahwa kami orang berdosa, maka kami mohon belas kasihan-mu untuk membimbing kami dalam menjalani hidup kami agar kami semakin memiliki iman yang hidup dan tumbuh setiap harinya. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa. Amin

 

AKSI

Aku mau memiliki hubungan yang semakin hari semakin baik bersama Tuhan.

 

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

 

 

 

 

You may also like...