CINTA TERHADAP SESAMA MENGATASI SEGALANYA

Senin,  7 September 2020

Bacaan Injil  Lukas 6:6-11

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Tetangga Andi lagi sakit keras. Keluarganya minta tolong kepada Andi untuk mengantar tetangganya tersebut  ke rumah sakit, kebetulan hari itu hari minggu. Sebagai orang Katolik dia merasa wajib mengikuti misa hari Minggu, tetapi kalau dia mengantar tetangga tersebut dia tidak akan sempat mengikuti misa. Setelah berpikir sekian lama akhirnya dia memutuskan untuk mengantar tetangganya yang sakit keras itu dengan resiko dia tidak sempat misa.

Dalam bacaan hari kita mendengar Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat. Padahal kita tahu bagi orang Yahudi pada zaman itu hari Sabat adalah hari beristirahat tidak boleh berbuat apa-apa? Dan kesempatan ini mau dimanfaatkan oleh ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, yang dari awal tidak suka melihat Yesus berbuat baik dan menolong sesama. Yesus tahu niat jahat mereka itu makanya Yesus berkata: “Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?”

Bacaan hari ini menyadarkan kita bahwa melaksanakan dan menaati segala aturan termasuk aturan keagamaan itu penting tetapi lebih penting lagi menyelamatkan nyawa orang dari pada hanya sekedar mengikuti ritual keagamaan belaka. Misa hari minggu itu penting tetapi itu akan lebih berarti kalau kita lebih mengutamankan menyelamatkan nyawa orang dengan mengantarnya ke rumah sakit.

 

REFLEKSI:

Apakah dalam hidup sehari-hari kita lebih mengutamakan menolong sesama dari pada diatas segala tindakan kita sehari-hari? Atau justru kita sebaliknya seperti orang Farisi yang selalu sibuk mengintip- ngitip kesalahan sesama kita dari pada berusaha berbuat baik?

 

DOA

Yesus Tuhan kami, ajarilah kami selalu agar jangan menghakimi sesama kami, tetapi ingatkan kami selalu

agar kami berlomba-lomba berbuat baik dan menolong sesama yang membutuhkan uluran tangan dan pertolongan kami. Jadikan kami menjadi manusia yang bijaksana yang selalu mementingkan aspek kemanusiaan diatas segalanya. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin

 

AKSI

Saya akan berusaha menolong sesama yang membutuhkan pertolonganku

 

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

 

 

 

You may also like...