Gerakan Iman “Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman”

 

Bapa Suci Paus Fransiskus telah menetapkan Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman yang dimulai pada tanggal 8 Desember 2015 dan akan berakhir pada 20 November 2016. Kenapa dimulai pada tanggal 8 Desember 2015 ? karena untuk memperingati Pesta Maria dikandung tanpa noda serta peringatan 50 tahun penutupan Konsili Vatikan II. Dan akan berakhir pada saat Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam.

Misa Tahun Suci Kerahiman Luar Biasa di BK (Februari 2016)

Salah satu unsur dalam Ardas KAJ 2016-2020 yaitu berfokus pada gerakan spiritualitas Kerahiman Allah. Sepanjang tahun 2016 Keuskupan Agung Jakarta mendorong seluruh umat untuk turut serta berperan aktif dalam kehidupan doanya baik secara pribadi, di dalam keluarga maupun berkelompok. Tiga hal yang menjadi penanda utama Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman yaitu :

1. MOMEN 24 JAM UNTUK TUHAN :
Kita didorong selalu mengarahkan hidup kita kepada Allah, bertekun dalam doa,  merenungkan sabda, merayakan Ekaristi dan menerima Sakramen Tobat. Dan mohon bisa dipantaskan mewartakan damai dan sukacita Injili.

2. GERAKAN IMAN : JUMAT ADORASI, SABTU REKOLEKSI NOVENA DAN AMAL KASIH (GERAKAN ROHANI PEKAN I) :

  • Adorasi biasanya diadakan setelah Perayaan Ekaristi Jumat Pertama atau bisa dilakukan Adorasi Ekaristi Pribadi.
  • Rekoleksi selama 9 bulan sedikitnya umat dapat mengikuti 1x rekoleksi dengan tema-tema yang telah disiapkan oleh DKP KAJ. Novena 9x yang sudah disiapkan oleh setiap gereja, dan umat hendaknya melakukan secara penuh.
  • Amal Kasih umat dianjurkan untuk melakukan sesuatu hal khususnya kepedulian pada mereka yang tersingkir, tertindas, menderita dan terlupakan bukan dalam persembahan materi yang diutamakan tetapi kasih dalam perbuatan nyata.

3. ZIARAH ROHANI 9 GEREJA
Tempat yang WAJIB adalah gereja Katedral dan 8 gereja yang direkomendasikan karena gereja tsb sedang berjuang dan kita wajib untuk mendoakannya. Berkaitan dengan itu semua Paroki Ratu Rosari menyiapkan Buku Panduan Gerakan Rohani di Kapel Desa Putra serta Kapel Bahtera kasih yang bisa digunakan oleh umat dalam menjalani Gerakan Rohani tersebut. 
Untuk mendukung umat dalam menjalankan Gerakan Iman tsb di Kapel Bahtera Kasih Gerakan Rohani Pekan I sudah dimulai pada bulan Februari. Diawali dengan Ekaristi Jumat Pertama serta dilanjutkan dengan Adorasi Ekaristi dan pada hari Sabtu sore setelah Misa telah diadakan Doa Novena Tahun Kerahiman.

Para umat dihimbau untuk dapat terlibat dalam Gerakan Rohani ini karena siapapun yang melakukan ini akan mendapatkan Rahmat Indulgensi Penuh sedangkan apabila salah satu syarat tidak dapat dipenuhi yang diperoleh adalah Indulgensi Sebagian. Untuk Rekoleksi, Amal Kasih dan Ziarah 9 Gereja umat dihimbau untuk dapat melakukannya bersama keluarga, lingkungan atau komunitas terdekat.

Gereja juga menganjurkan umat untuk mendoakan Doa Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah pada saat pada saat Ekaristi Kudus ataupun berbagai kesempatan pertemuan lingkungan. Marilah kita rasakan bersama kasih Allah yang begitu besar kepada kita. Allah yang selalu setia memberikan penghiburan, pengampunan dan menanamkan begitu banyak harapan. Maukah kita menanggapi panggilan Allah itu ?

 

christiana.rahtri