HUT PAROKI KE-25

Puji dan Syukur pada hari minggu 05 Mei 2019 Paroki Jagakarsa Gereja Ratu Rosari tepat berumur 25 tahun. Paroki kita memisahkan diri dari Paroki Keluarga Kudus Pasar Minggu dan menjadi paroki sendiri pada tanggal 05 Mei 1994. Pada saat berdiri sampai sekarang kita belum memiliki bangunan gereja sendiri, hanya dua kapel yaitu Kapel Desa Putera yang merupakan kapel milik bruderan vincentius di komplek Panti Asuhan Desa Putera dan Kapel Bahtera Kasih di komplek KKO Cilandak yang diperuntukan bagi umat kristen di sekitar komplek marinir. Kerinduan akan mempunyai bangunan gereja sendiri masih terus diusahakan sampai saat ini.

Tema HUT Paroki ke-25  adalah “Semakin Guyub dalam dinamika hidup menggereja dan hidup bermasyarakat”.  Panitia HUT yang diketuai oleh Bapak Matheus Sumardi telah menyiapkan berbagai rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan bersama :

  1. Kerja Bakti : Kerja Bakti yang dilakukan di sekitar lingkungan kapel bahtera kasih, kapel desa putera dan pastoran mengingatkan kita untuk selalu menjaga kebersihan terutama di lingkungan sekitar kita.
  2. Misa UBK : Misa UBK merupakan misa perdana bagi UBK yang diadakan di paroki kita. UBK merupakan bagian dari umat paroki yang perlu kita bantu dan perhatikan bersama.
  3. Lomba foto dan video bagi OMK : Lomba ini ditujukan untuk OMK supaya OMK dapat berpartisipasi di dalam kegiatan gereja melalu minat dan bakan fotografi dan videografi.
  4. Doa Novena : Doa Novena diadakan sebagai bentuk syukur atas penyertaan Tuhan selama 25 tahun paroki kita. Semoga umat paroki menjadi semakin guyub dalam hidup menggereja dan bermasyarakat.
  5. Lomba Koor antar wilayah di paroki : Lomba ini diadakan untuk meningkatkan paduan suara yang ada di masing masing wilaya. Keikutsertaan OMK dalam lomba ini diharapkan dapat memberikan regenerasi sekaligus meningkatkan peran serta OMK untuk dapat aktif di kegiatan gereja.
  6. Lomba Menggambar dan Mewarnai : Lomba ini diadakan bagi Bina Iman Anak. Anak-anak diharapkan sejak dini dapat aktif di dalam kegiatan gereja melalui seni dan bakat mereka dalam menggambar dan mewarnai.
  7. Bazar dan Pentas Seni hiburan : Kegiatan Bazar dan Pentas Seni hiburan diadakan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar dan apresiasi terhadap seni dan budaya yang ada di sekitar paroki kita.
  8. Pentas Wayang : Kegiatan Pentas Wayang merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap budaya kita. Pentas ini cukup digemari umat paroki dan sudah berapa kali diadakan di paroki kita.
  9. Tebar Benih Ikan : Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian kita dalam menjaga lingkungan, terutama ekosistem yang dekat dengan lingkungan gereja.
  10. Lomba Tarik Tambang Putra dan Bola Voli Putri antar wilayah : Kegiatan olahraga sangat dibutuhkan tubuh kita dalam memelihara kesehatan jiwa dan raga. Salah satu bentuk kegiatan olah raga yang dipilih untuk dilombakan adalah Bola Voli dan Tarik Tambang. Lomba ini banyak peminatnya dan sering diadakan di paroki kita.
  11. Jalan Santai dan Senam Bersama : Kegiatan yang menjadi salah satu olahraga favorit di paroki kita untuk dapat diikuti bersama keluarga. Mengambil rute di sekitaran komplek desa putera, umat nampak begitu senang mengikuti kegiatan ini.
  12. Lomba menghias Tumpeng : Tumpeng dibuat sebagai ungkapan syukur. Lomba menghias tumpeng ini diikuti olah bapak bapak sebagai ungkapan syukur atas ulangtahun paroki ke-25.
  13. KRK : Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk syukur atas 25 tahun paroki. Kita sudah sepatutnya bersyukur terhadap penyertaan Tuhan kepada paroki ini selama 25 tahun.
  14. Pemberkatan Taman Doa : Taman doa yang didalamnya terletak Gua Maria Ratu Rosari merupakan salah satu sarana bagi kita untuk dapat berdoa, bersyukur dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus dan Bunda Maria. Taman doa ini cukup bagus dan terletak di dalam komplek desa putera.
  15. Kegiatan Live In Panggilan : Kegiatan Live in ini diharapakan dapat meningkatkan panggilan yang ada di paroki. Bruder dan Suster yang melakukan live in cukup senang bisa berada di tengah umat paroki.
  16. Misa Syukur HUT Paroki ke-25 dan Penerimaan Sakramen Krisma . Puncak acara kegiatan HUT Paroki ke-25 diadakan bertepatan dengan Penerimaan Sakramen Krisma. Misa syukur ini dibawakan oleh Mgr. Ignatius Suharyo. Puji dan syukur bahwa seluruh rangkaian kegiatan HUT Paroki ke-25 dapat berlangsung dengan lancar sampai dengan puncaknya tanggal 05 Mei 2019.
  17. Ramah tamah dan Peluncuran Buku Sejarah Paroki : Buku sejarah Paroki akhinya diterbitkan setelah sekian lama. Puji dan Syukur kepada Tuhan atas penerbitan buku ini. Terimakasih kepada seluruh umat yang berperan serta dalam pembuatan buku ini. Acara ramah tamah berlangsung dengan suasana kekeluargaan.

Terimakasih patut kita ucapkan kepada seluruh panitia HUT Paroki ke-25 yang telah susah payah menyiapkan seluruh rangkaian acara kegiatan mulai dari awal sampai puncak acara kegiatan. Puji dan syukur bahwa rangkaian kegiatan dapat berlangsung dengan lancar dan diikuti oleh umat paroki dengan baik. Kita semua berharap semoga kegiatan ini dapat membawa umat semakin guyub dalam dinamika hidup menggereja dan bermasyarakat.  Jalan yang kita tempuh masih panjang maju terus Paroki Jagakarsa. Tuhan Memberkati.

 

https://www.instagram.com/p/BxIotiuAknC/

You may also like...