KITA ADALAH MILIK ALLAH

Selasa 26 Mei 2020

Renungan sabda Allah. (Yohanes 17:1-11a)

Seorang gembala yang baik bertanggung jawab terhadap domba-dombanya dengan memberi perhatian kepada domba domba itu dengan antara lain mencarikan makanan yang baik agar mereka dapat hidup sehat sehingga tidak mudah terserang penyakit. Demikian juga ia menempatkan domba-domba itu dalam kandang yang kuat agar mereka terhindar dari incaran binatang buas dan agar dapat beristirahat dengan aman. Dan seperti dalam perumpamaan yang Yesus pernah sampaikan kepada murid-murid-Nya, gembala yang baik akan mencari seekor domba yang hilang sampai ditemukan dengan meninggalkan domba-domba yang lain. Singkat kata, seorang gembala yang baik berusaha sedemikian rupa agar setiap ekor dombanya dapat hidup dengan baik.

Tujuan Yesus datang ke dunia ialah untuk memberikan hidup yang kekal kepada semua orang yang telah Allah Bapa berikan kepada-Nya, dan percaya kepada-Nya, yaitu bahwa mereka mengenal Bapa-Nya, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal diri-Nya, Anak-Nya, yang telah diutus-Nya datang ke dunia. Namun untuk menerima hidup yang kekal itu, murid-murid-Nya dan juga semua orang harus mau mendengarkan firman-Nya yang Ia terima dari Bapa-Nya dan melaksanakannya. Untuk itu kita harus mau menjadi murid-murid dan saksi-saksi-Nya guna melakukan segala sesuatu yang Ia perintahkan kepada murid-murud-Nya. Yesus tahu bahwa untuk melaksanakan firman-Nya, seorang murid harus siap menghadapi segala marabahaya, penderitaan dan penganiayaan. Maka, Ia mohon kepada Bapa-Nya untuk memelihara, menjaga dan melindungi mereka dari segala yang jahat setelah meninggalkan para murid-Nya untuk kembali kepada Bapa-Nya di sorga.

Kita juga adalah milik Yesus dan Bapa-Nya. Yesus mengharapkan agar kita memiliki hidup yang kekal. Untuk itu marilah kita menanggapi kehendak Yesus itu dengan melaksanakan setiap firman-Nya. Mengandalkan diri sendiri pastilah kita tidak akan mampu. Kita memerlukan seorang Penolong, yaitu Roh Yesus sendiri, Roh Kudus. Roh Kudus itu Yesus janjikan dengan berkata: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Kita percaya Roh Kudus akan selalu menolong kita dalam kita melakukan tugas perutusan kita sebagai murid-murid Yesus.

Renungan oleh Pak Chris Nugrono

Seksi Katekese PJGRR

 

You may also like...