KITA MENGENAL ALLAH BAPA MELALUI YESUS, PUTERA-NYA

Rabu 15 Juli 2020

Renungan Sabda Allah. (Matius 11:25-27)

KITA MENGENAL ALLAH BAPA MELALUI YESUS, PUTERA-NYA

Dalam Injil hari ini Yesus bersyukur kepada Bapa-Nya karena semuanya Ia sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi dinyatakan kepada orang kecil. Adalah kehendak Bapa-Nya bahwa semua telah Ia serahkan  kepada Yesus; tidak seorang mengenal Anak selain Bapa dan tak seorang pun mengenal Bapa selain Anak, dan orang yang kepadanya Yesus berkenan menyatakannya.

Yesus sungguh datang dari Bapa seperti Ia sendiri mengatakan. Untuk memahami arti sebutan Anak dengan sepenuhnya, kiranya kita perlu memperhatikan juga surat St. Paulus Roma 8:3; Gal 4:, Injil Yohanes 3:16-17 dan surat Yohanes 1Yoh 4:9 yang mengatakan bahwa “Allah mengutus Anak-Nya“. Bila kita mengakui Yesus sebagai “Anak Allah” berarti kita mengakui bahwa Dia sebagai utusan Allah dalam arti yang penuh. Khususnya, St. Yohanes banyak berbicara tentang Yesus sebagai utusan Allah. Tidak hanya dikatakan bahwa “Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia” (3:17), tetapi Allah sendiri disebut “Dia yang mengutus Aku” (4:34) dan Yesus dikatakan “Dia yang diutus-Nya” (5:38). Maka cocok sekali pada akhir hidup-Nya Yesus berdoa, “supaya dunia percaya bahwa Engkaulah yang mengutus Aku” (Yoh 17:21).

Kita yang sudah dibaptis menjadi anak-anak Allah, seperti halnya Yesus. Dengan baptisan itu kita mengenal Yesusi dan kita menjadi serupa dengan-Nya. Demikian pula kita menjadi murid-murid-Nya. Seperti Yesus, kita mengenal Bapa karena Yesus berkata bahwa tak seorang pun mengenal Anak selain Bapa dan tak seorang pun mengenal Bapa selain Anak. Yesus juga pernah berkata: “Aku dan Bapa adalah satu.” (Yoh 10:30). Tujuan Yesus datang ke dunia ialah agar kita kelak kembali ke asal kita, yaitu Bapa di surga, yang menciptakan kita untuk hidup yang kekal. Itulah rahasia Allah bagi kita. Rahasia ini hanya dapat kita tangkap apabila kita, orang kecil, melalui Yesus yang mengungkapkannya kepada kita.

Renungan oleh Pak Chris Nugroho

Seksi Katekese PJGRR

You may also like...