MENJADI SAUDARA YESUS

Selasa, 22 September 2020

Bacaan Injil Lukas  (8:19-21)

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. 8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: “Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau.” 8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”

Tetapi Yesus menjawab mereka: “Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya.”. (Luk 8:21)

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Pada suatu hari ada seorang pemudi bernama Susi. Susi sudah bertahun tahun di tinggalkan kedua orangtuanya karena orangtuanya sudah dipanggil oleh Tuhan. Susi sangat sedih jika melihat teman-temannya mengirim atau mengunduh foto bersama orangtua. Susi rindu akan kejadian hal yang sama pula. Susi menceritakan kesedihannya kepada sahabatnya Rina. Rina pun juga sudah ditinggalkan oleh ayahnya tetapi Rina menguatkan Susi bahwa masih ada Tuhan Yesus yang menganggap semua dari kita adalah saudara Yesus. Bahkan Yesus dan semua manusia tidak dapat dipisahkan asalkan melakukan perintah Tuhan.

Kita harus berbangga karena dalam Injil hari ini kita adalah saudara Yesus. Yang artinya kita memiliki hubungan yang lebih dekat daripada seorang teman. Jika ingin menjadi saudara Yesus berarti kita bersedia untuk mendengarkan dan melakukan firman Allah. Semua orang bisa menjadi saudara Yesus. Sulit? Tuhan pasti akan bantu. Kita baru niat saja, Tuhan akan mendukung dan tangan-Nya selalu terbuka untuk semua umat yang mau membuka dirinya untuk menjadi saudara Yesus.

Siapa yang tidak ingin menjadi saudara Yesus? Hmm.. sayang banget kalau ada yang menjawab tidak. Kenapa? Karena Yesus sangat baik, Dia selalu menolong kita tanpa disadari. Diberi nafas dan diberi kesempatan untuk dapat melakukan hal-hal baik juga atas kemurahan Tuhan akan kita. Maka dari itu jika kita mengecewakan Tuhan, pasti perasaan kita juga akan terasa jauh, komunikasi juga sedikit sulit. Tetapi jika kita menjadi saudara-Nya, maka kita akan mendapatkan kasih yang sangat besar dari Sang pemberi hidup.

 

REFLEKSI

Sanggupkah aku untuk menjadi saudara Yesus dengan melakukan firman Allah?

 

DOA

Tuhan Yesus, kami ingin menjadi saudara-Mu. Perkenankanlah kami untuk selalu melakukan hal-hal yang berkenan kepada-Mu dan sungguh-sungguh menjadi saudara-Mu yang dapat selalu menyenangkan hati-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang segala masa. Amin

 

AKSI

Aku mau menjadi saudara Yesus dengan melakukan firman Allah.

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

 

You may also like...