MISA DI LINGKUNGAN PETRUS 1

“KERJA SAMA  DENGAN  ALLAH  LEWAT SESAMA”

Salah satu Kegiatan Pastoral Paroki Ratu Rosari Jagakarsa yang telah di jadwalkan selama tahun 2017 adalah mengadakan misa bersama umat di lingkungan-lingkungan sekaligus sebagai kesempatan untuk berbincang-bincang antara warga lingkungan dengan gembala parokinya, maka pada tanggal 28 Maret 2017 tepat pkl. 19.30,  di kediaman keluarga bapak/ibu Pance, Petrus 1 mengadakan misa lingkungan bersama Romo Rufi.

Dalam homilinya, romo menggaris bawahi pentingnya membangun kerja sama yang baik untuk meningkatkan keimanan kita dengan Allah. Romo mengemukakan hal demikian karena pengalaman nyata yang terjadi dalam kepengurusan lingkungan, umumnya yang bekerja hanya Ketua Lingkungannya saja sementara seksi-seksi lainnya tidak bergerak alias fakum. Keadaan yang sama juga sering dialami dalam kerja sama di tingkat paroki yaitu antar dewan paroki dengan seksi2 lain yang ada dalam kepengurusan. Lebih lanjut romo Rufi  mengingatkan bahwa membangun kerjasama dengan Allah hanya bisa diwujutkan melalui kerja sama antar sesama apakah itu dalam sebuah kepengurusan di tingkat lingkungan maupun  di tingkat paroki. Menurut Romo Rufi, sebuah paroki yang hidup bukan karena  banyaknya jumlah kegiatan yang ada dalam paroki itu,  akan tetapi bagaimana membangun kerjasama yang baik  antara kepengurusan di lingkungan tersebut  yang artinya segala sesuatu tidak dikerjakan hanya oleh ketua lingkungan sendiri, namun apabila kita mampu bekerja sama dalam segala kegiatan di lingkungan- lingkungan sebagai umat basis adalah merupakan cerminan kemajuan kualitas keimanan kita dalam   membangun kerjasama dengan Allah sendiri.

Pada sesi tanya jawab dalam keterbatasan waktu yang sisa, sedikitnya ada dua hal yang disampaikan oleh romo yaitu penjelasan singkat romo tentang TABUT (Tabungan Umat) yang merupakan program dari KAJ untuk seluruh umat di paroki-parokiwilayah Keuskupan Agung Jakarta. Secara garis besar romo menjelaskan bahwa dengan menabung minimal Rp100,000.- setiap bulannya oleh seluruh umat di paroki masing2 maka bunga bank dari Tabut tersebut akan dipergunakan untuk membantu paroki-paroki yang sedang membutuhkan dana untuk pembangunan gedung gerejanya. Dalam jangka waktu tertentu, uang tabungan tersebut akan dikembalikan secara utuh tanpa ada bunga (lebih detail pasti akan ada sosialisasi secepatnya).   Isu lain adalah tentang pembangunan rumah pastoral di jalan sirsak yang disampaikan juga oleh romo dalam menjawab pertanyaan pertanyaan warga lingkungan, Romo Rufi menginformasikan bahwa secara bertahap mulai ada angin segar setelah berbagai upaya romo dan Dewan Paroki melakukan pendekatan kepada orang2 tertentu yang berpenguruh di Jagakarsa ini dan mulai menunjukan harapan positip, dan semua perkembangan ini diyakini sebagai hasil kekuatan doa bersama.

Masih banyak hal yang dipertanyakan baik berupa katekese dan informasi-informasi lain seputar paroki Jagakarsa namun waktu sangat terbatas sehingga wawan hati singkat bersama romo harus diakhiri tepat pkl. 21.45 molor sedikit dari waktu yang ditentukan untuk berakhir pada pkl. 21.30. 

Terima kasih.

Lukas Liat- Lingkungan Petrus 1.