Perayaan Natal Kelompok Kategorial PRRJ

Kemeriahan dan semangat kasih Natal masih terasa hingga kini. Awal tahun, awal yang sangat baik membangun kembali Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah. Dengan penuh sukacita, sejumlah umat yang tergabung dalam kelompok kategorial Wanita Katolik Republik Indonesia cabng Ratu Rosari, Legio Maria, Santa Monika dan Paguyuban Orangtua Terpanggil mengadakan perayaan Natal di Pastoran, Kamis (7/1/2016) sore.

Perayaan Natal yang mengangkat tema "Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah" diawali dengan misa kudus yang dipersembahkan oleh Romo Ignatius Bagus Irawan, MSF dihadiri sekitar seratus limapuluh orang umat. Hadir pula para biarawan serta anggota Dewan Harian Paroki ratu Rosari Jagakarsa. Dalam kotbahnya Romo Irawan MSF mengajak umat yang hadir untuk bersukacita menyambut kelahiran Sang Juru Selamat umat manusia, Yesus Kristus. Selain itu Beliau juga berpesan, di tahun yang baru ini kitapun terus memperbarui iman kita akan Yesus Kristus sehingga semangat pelayanan kepada sesama akan terus tumbuh.

Usai misa, acara dilanjutkan dengan penampilan ibu-ibu dari Santa Monika yang mempersembahkan tarian daerah. Tanpa canggung serta bergerak luwes, tarian yang ditampilkan pun apik untuk dinikmati. Kemudian disusul dengan penampilan dari Wanita Katolik RI cabang Ratu Rosari yang mempersembahkan musik dengan alunan suara angklung. Tiga lagu dimainkan secara apik dan kompak oleh mereka. Tak sedikit umat yang hadir turut bernyanyi bersama alunan musik angklung. Romo Irawan juga tak mau ketinggalan. Beliau turut serta, bergabung bersama ibu-ibu Wanita Katolik RI memainkan angklung menghibur umat. Demikian juga ibu Tanti yang membantu memainkan organ mengiringi alunan musik angklung.

Usai peforma Wanita Katolik RI dengan musik angklungnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Endang yang mewakili kelompok kategorial paroki. Beliau mengucapkan terima kasih atas peranserta umat serta dukungan dari berbagai pihak sehingga perayaan Natal kelompok kategorial yang diselenggarakan secara bersama-sama dapat dilaksanakan dengan baik. Begitu juga Bapak menyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutannya Beliau juga berpesan agar kelompok kategorial yang belum bergabung dalam perayaan Natal tahun ini dapat bergabung di tahun mendatang.

Setelah sambutan, berikutnya adalah penampilan dari ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok kategorial Legio Maria. Ada sepuluh orang ibu tampil ke depan dan mempersembahkan lagu dalam bahasa Jawa. Lagu yang mengisahkan tentang seorang wanita mulai dari usia remaja yang penuh enejik serta berparas cantik dan kini remaja tersebut mulai tua dan keriput. Lagu yang dikemas secara apik dengan bait syair kata-kata lucu membuat umat yang mendengar tertawa. Namun ada pesan yang tersemat dalam lagu tersebut, yakni agar para wanita tidak patah semangat, terus berjuang dalam hidup walau usia senja mulai menghampiri.

Waktu terus berjalan, sinar mentari mulai redup, namun semangat perayaan Natal terus berlanjut. Kini penampilan terakhir adalah dance dari kelompok kategorial Santa Monika. Dengan diiringi lagu, penampilan tarian Ja'i yang mereka sajikan cukup menyedot perhatian umat yang hadir. Mereka pun mengajak untuk menari bersama. Suasana kebersamaan perayaan Natal kelompok kategorial dari awal hingga di penghujung acara terus semarak. Implementasi tema yang diangkat dalam perayaan Natal ini, "Hidup Bersama Sebagai Keluarga Allah" terwujud nyata. Kebersamaan mereka dalam ikatan keluarga tertuang dalam perayaan Natal keluarga besar kelompok kategorial Paroki Ratu Rosari Jagakarsa.

Kemudian acara diakhiri dengan doa penutup yang dilanjutkan dengan santap malam bersama serta ramah tamah. Seluruh keluarga besar kelompok kategorial Paroki Ratu Rosari Jagakarsa mengucapkan Selamat Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Semoga Allah Bapa senantia sa menyertai kita dalam tugas pelayanan. Amin.

corn.budi/wu