PERBUATAN KASIH

Kamis 17 September 2020

Bacaan Injil Lukas (7: 36-50)

 

Sebab itu Tuhan Yesus berkata Simon: “Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih. (Luk7: 47)

 

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Ada seorang siswa bernama Thomas, dia anak yang rajin, sopan dan aktif dalam kegiatan pembelajaran terutama saat pembelajaran daring saat ini. Karena ia memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, ia sering kali mendapatkan cibiran dari teman sekelasnya karena tidak sependapat dengan temannya yang lain terutama dalam hal tugas atau pekerjaan rumah. Walaupun Thomas sering dianggap tidak menyenangkan oleh teman-temannya, Thomas tetap tersenyum dan berkata “Aku tidak apa-apa, terserah kalian mau berkata apapun tentang aku. Aku tetap mengasihi kalian sebagai teman terbaikku.”

Kisah Thomas di atas memiliki kesamaan dalam Injil hari ini, yaitu kasih. Bagaimana kasih yang sudah Tuhan Yesus ajarkan pada dahulu kala, masih bisa kita lakukan pada zaman saat ini. Berbuat kasih memang tidak mudah, harus memiliki hati yang sungguh besar untuk menerima apapun sekalipun itu sebuah kata yang membuat kita sedih. Seseorang yang memiliki kasih dalam hidupnya itu mengartikan bahwa orang tersebut juga akan memiliki pengampunan dalam berbuat kesalahan. Dalam hal ini, Tuhan Yesus akan mengampuni dosa kita juga jika kita semakin banyak berbuat kasih.

Berbuat kasih itu tidak hanya memberikan sesuatu yang berbentuk barang, dengan mendoakan orang lain atau berkata baik juga termasuk berbuat kasih. Semua orang pasti pernah berbuat kasih, hanya mampukah kita untuk setiap hari melakukan tindakan nyata seperti itu? Marilah kita mulai dari sekarang melakukan perbuatan kasih kepada orang lain, dimulai dari orang yang ada di sekitar kita agar semakin banyak duta kasih Allah melalui kita masing-masing.

 

REFLEKSI

Maukah aku melakukan tindakan atau perbuatan kasih kepada orang yang di sekelilingku?

 

DOA

Tuhan Yesus yang penuh kasih. Terimakasih karena melalui firman-Mu kami diingatkan kembali mengenai kasih yang berasal dari-Mu. Bimbinglah kami agar mampu terus melakukan karya melalui kasih yang sejak dulu Engkau sudah berikan untuk kami. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

 

AKSI

Mari kita mau melakukan tindakan atau perbuatan kasih kepada orang yang di sekeliling kita.

 

Selamat beraktivitas, Tuhan Memberkati.

 

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

You may also like...