Sesi Keluarga

Hormat anak pada orang tua

 

            Perintah Allah no. 4 terumus,” Hormatilah Ayah Ibumu.” Perintah ini bernada positif dan memberi kesempatan kepada keluarga-keluarga untuk menyatakan hormat bakti kepada orang tua sebagai hal yang utama dalam hidup. Keyakinan Gereja adalah bahwa orang tua adalah pewaris nilai-nilai kehidupan dan pembagi rahmat Allah yang dinyatakan dalam hidup harian kita. Demikianlah sikap dasar seorang anak kepada orang tuanya adalah hormat dan cinta.

 

            Harus diakui juga bahwa dalam keluarga banyak hal yang kurang ideal. Anak-anak merasa kurang diperhatikan. Para orang tua merasa bahwa anaknya tidak bisa taat dan kurang mengerti pada orang tua. Anak-anak merasa kurang bangga karena orang tuanya tidak rukun dan sering bertengkar, dan masih banyak lagi realitas dalam keluarga.

 

            Meskipun banyak hal yang tidak ideal dalam keluarga, tetaplah keluarga adalah komunitas kasih yang dianugerahkan Allah. Orang tua mengasihi anak-anaknya dan anak-anak menghormati orang tuanya dengan cinta. Meski kita telah menjadi orang tua, namun bukankah kita juga anak-anak dari orang tua kita, yakni kakek nenek anak-anak kita?

Hormat kepada orang tua adalah sebuah perintah Allah yang berlaku universal, untuk setiap orang agar selalu menghormati orang tuanya.

Berkat Tuhan.