TIDAK MENGHAKIMI

Sabtu 05 September 2020

Bacaan Injil Lukas. (6:1-5)

Tetapi beberapa orang Farisi berkata: “Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?” (Luk 6:2)

Ada pepatah mengatakan gajah di pelupuk mata tidak tampak, semut di seberang lautan tampak jelas. Melihat kesalahan dan kekurangan orang lain itu memang gampang. Sikap melihat orang lain dari sisi negatif misalnya menaruh curiga, berprasangka buruk, menjatuhkan kawan demi tujuan tertentu adalah sikap yang tidak terpuji dan tidak dewasa. Apakah kita juga kadang bersikap seperti itu?

Dalam bacaan injil hari ini kita mendengar orang Farisi protes kepada murid-murid Yesus karena memetik bulir gandum dan memakannya pada hari sabat. Sekilas pernyataan orang Farisi ini benar, karena hari sabat itu hari istirahat. Hanya saja mereka lupa bahwa mereka kadang bertindak kurang pantas. Bacaan ini mau menyadarkan kita sebelum menghakimi orang lain kita perlu dasar dulu akan diri kita. Apakah kita lebih hebat dari orang-orang? Ketika sadar akan kelemahan kita, membuat kita tidak gampang menghakimi.

Sebagai seorang yang beriman kita harus selalu belajar untuk mampu merefleksikan diri, agar kita tumbuh menjadi pribadi yang dewasa, berpikir positif pada orang lain, bisa bekerja sama, bertanggung jawab, dan terus memupuk rasa persaudaraan sehingga terjalin komunikasi yang positif. Kita harus menjauhkan diri dari sikap iri hati, dengki, berprasangka buruk, dan berani mengakui kesalahan serta meminta maaf.

 

REFLEKSI

Apakah selama ini kita suka berprasangka buruk pada sesama atau sebaliknya kita belajar untuk berterima kasih kepada sesama yang mengajak kita aktif dalam kegiatan menggereja?

 

DOA

Tuhan Yesus yang Maha Kasih, bimbinglah dalam setiap langkah hidup kami, kami ingin mengenal-Mu lebih dekat lagi, berilah kami rahmat-Mu agar kami dapat berjalan bersama-Mu, jangan biarkan kami jauh dari-Mu ya Tuhan dan ijinkan kami untuk selalu kembali pada-Mu jika kami jatuh dalam salah dan dosa. Demi Kristus Tuhan kami. Amin.

 

AKSI

Mari kita belajar untuk tidak berprasangka buruk pada orang lain.

 

 

You may also like...