YESUS PINTU MENUJU HIDUP BERKELIMPAHAN

Senin 04 Mei 2020

Renungan sabda Allah. (Yohanes 10:11-18)

Tidak mudah memahami, mengerti dan apalagi menerima kata-kata Yesus. Dengan bantuan perumpamaan mungkin lebih mudah, namun rupanya Yesus meminta kita untuk menerima dan menghayati semua perkataan-Nya hanya dengan iman. Iman adalah tanggapan hati seseorang kepada apa yang dinyatakan Allah kepada manusia dan hanya mereka yang dengan rendah hati mau memercayakan dirinya kepada apa yang diberikan Allah, yang berkenan kepada Allah. Dan hanya oleh karena Roh Kuduslah seseorang mampu menerima perkataan Yesus.

Petrus pernah berkata: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Sabda-Mu adalah sabda hidup yang kekal.” (Yoh 6:68). Hanya karena Roh Kuduslah Petrus mampu berkata seperti itu. Dalam Injil hari ini Yesus berkata bahwa Ia adalah pintu menuju domba-domba. Kita semua adalah domba-domba-Nya dan Ia adalah gembalanya. Kita dapat meneladan Petrus dalam percaya akan kata-kata Yesus dan memegangnya dengan teguh. Hanya dengan iman kita dapat melihat kebenaran kata kata Yesus.

Yesus juga berkata bahwa Ia memberikan hidup yang berkelimpahan kepada domba-Domba-Nya, yaitu hidup yang penuh kasih dimana kita bisa memandang dan bersatu dengan Allah. Jika kita masih ragu karena sungguh belum mengerti perkataan Yesus bahwa Ia adalah satu-satunya pintu menuju kawanan domba, semoga kata-kata Yesus yang Ia ucapkan pada kesempatan lain membantu kita dalam percaya pada perkataan-Nya: “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku!”(Yoh 14:1).

Renungan oleh Pak Chris Nugroho

Seksi Katekese PJGRR

You may also like...