Ziarah Rohani 9 Gereja

Ziarah Rohani 9 Gereja di Keuskupan Agung Jakarta banyak dilakukan oleh umat di paroki-paroki yang bernaung dibawahnya. Himbauan dari keuskupan ini tidak harus dilakukan sekaligus dalam satu hari atau dalam waktu yang berdekatan, tetapi dilakukan secara bertahap selama Yubileum Luar Biasa Kerahiman Ilahi, yang akan berakhir pada 20 Nopember 2016.

Umat Paroki Cilandak, Gereja Santo Stefanus foto bersama usai devosi.

Semua gereja di KAJ dapat menjadi tempat ziarah, namun dalam Tahun Suci Luar Biasa Kerahiman Allah, KAJ merekomendasikan umat berkunjung (berziarah) ke beberapa gereja/paroki yang sedang berjuang, yakni: Paroki CilEdug, Gereja St. Bernadet – Paroki lubang buaya, Gereja Kalvari – Paroki Cikarang, Gereja Ibu Teresa – Paroki Jatiwaringin, Gereja St. Leo Agung – Paroki Jagakarsa, Gereja Ratu Rosari – Paroki silinCing, Gereja Salib Suci – Paroki kamPung sawah, Gereja St. Servatius – Paroki kamPung duri, Gereja Damai Kristus – dan Paroki Bekasi, Gereja St. Clara.
Semangat kunjungan ziarah tersebut dilakukan oleh umat Paroki Cilandak, Gereja St. Stefanus. Sejumlah 38 umat dari 3 lingkungan; Lingkungan Bonaventura dengan ketua Sdr. Husade, Lingkungan Bonifasius dengan ketua Sdri. Lusia dan Lingkungan Keluarga Kudus dengan ketua Sdr. George hadir dalam devosi yang dilaksanakan pukul 09.00 – 10.00 WIB. Kehadiran mereka pun disambut hangat oleh Tim KOMSOS dan Sie Liturgi, Sabtu (27/02) pekan lalu.


Suasana hening dan khusuk dalam devosi yang dipimpin oleh Sdr. George, menghaturkan doa-doa serta harapan mereka agar segera terlaksananya pembangunan Gereja Ratu Rosari. Lagu-lagu pujian yang dikumandangkan pun menambah semangat umat St. Stefanus dalam berdevosi. “Kunjungan sudah direncanakan awal tahun dari KAJ. Gereja Ratu Rosari kami pilih sebagai kunjungan kami yang pertama. Karena satu wilayah lokasinya dan banyak juga umat yang belum mengetahui Gereja Ratu Rosari”, ungkap Sdr. George.
Rabu (2/3/2016) siang, Sie Liturgi paroki, Bapak Filip dan beberapa anggota Legio Maria Paroki Jagakasa menyambut kedatanagn 4 orang anggota Legio Maria Presidium Ratu Rosari, Paroki Bartolomeus, Bekasi. Lalu sore harinya, pk. 16.00 WIB dikunjungi oleh 15 umat dari Paroki Serpong, Gereja St. Monika. Tujuan kedatang mereka juga sama. Berdevosi dan menghaturkan doa bagi kelancaran pembangunan gereja Ratu Rosari.
Umat yang melakukan ziarah ke Paroki Jagakarsa memiliki kesan baik tentang lokasi Kapel Desa Putera. Suasana yang asri dan sejuk, jauh dari kebisingan, menjadi magnet bagi mereka untuk berkunjung. Semoga dengan kunjungan ini, muncul harapan dan semangat baru untuk selalu berusaha untuk mewujudkan apa yang kita rencanakan dan patut untuk diperjuangkan. Dan harapan untuk terciptanya rasa kesatuan dalam persaudaraan antar umat Katolik.

corn.budi – shinta

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MELAKSANAKAN ZIARAH ROHANI
  • Hubungi sekretariat tempat-tempat ziarah yang sudah dipilih dan susunlah rencana untuk waktu kunjungan terbaik.
  • Bila di tempat ziarah tersebut ada acara khusus, ikutilah sesuai ketentuan di sana.
  • Hayatilah perjalanan rohani Anda. Tidak perlu terburu-buru.
  • Hindari berziarah dalam kelompok besar dan dilarang menggunakan bus besar, gunakanlah kendaraan kecil.
  • Bawalah buku panduan yang dapat dipakai untuk membantu refleksi selama ziarah.
  • Baik juga bila dapat menerima Sakramen Tobat dan merayakan Ekaristi saat berziarah.
  • Jagalah kebersihan dan keamanan selama peziarahan berlangsung.


 

admin

"Hidup ini seperti pensil yang pasti akan habis, tetapi meninggalkan tulisan-tulisan yang indah dalam kehidupan"

You may also like...