Bulan Rosario

Bulan Mei dan Oktober dikhususkan untuk menghormati Bunda Maria.

Pada tahun 1809, Paus Pius VII dipenjarakan oleh pasukan Nopoleon. Di dalam penjara Paus mohon dukungan doa dari Bunda Maria. Paus berjanji , apabila ia dibebaskan ia akan mendedikasikan perayaan untuk menghormati Bunda Maria. Pada tanggal 24 Mei 1814 Paus dibebaskan. Pada tahun berikutnya, ia mengumumkan hari perayaan kepada Bunda Maria sebagai penolong umat Kristen. Pada 30 April 1965, Paus Paulus melalui ensiklk Mense Maio menyatakan bahwa Bulan Mei dipersembahkan sebagai bulan peringatan Bunda Allah, ia menegaskan bahwa penghormatan kepada Bunda Maria pada bulan Mei ;merupakan kebiasaan yang amat bernilai.

Bulan Oktober disebut bulan Rosario tidak lepas dari sejarah Perang Salib. Don Juan, salah seorang pemimpin pasukan Kristen di Austria berdoa Rosario dalam menghadapi ancaman ini. Paus Pius V juga meminta seluruh seluruh gereja berdoa raosario kepada Bunda Maria untuk membantu tentara Kristen. Pada tanggal 7 Oktober 1571, Paus Pius V bersama –sama dengan umat beriman berdoa Rosario di Basilika Santa Maria Maggiore sepanjang hari untuk mendoakan pertempuran di Lepanto ( Teluk Korintus ) Bunda Maria telah mendengarkan doa anak – anaknya.

Pada Tahun 1573,Paus Gregorius XIII menetapakan tanggal 7 Oktober sebagai Pesta Santa Perawan Maria Ratu Rosario sebagai ucapan syukur atas bantuan Bunda Maria.

Bapa Suci ( Paus Pius XIII ) meminta agar seluruh umat mendoakan Rosario agar Gereja mendapat bantuan Bunda Maria dalam menghadapi aneka bahaya yang mengancam.

Legio Maria sebagai komunitas yang berdevosi pada Bunda Maria menghimbau para legioner wajib setiap hari berdoa Rosario sebelum perayaan ekaristi dimulai atau di rumah masing – masing.

Ini merupakan tugas rutin kami sebagai bentuk konsekwensinya sebagai tentara Maria.Ini kami lakukan bukan hanya pada bulan Mei dan Oktober saja, setiap hari para legioner berdoa Rosario dilanjutkan dengan Litani Santa Perawan Maria bahkan rutin dijadwalkan sebagai arisan doa secara bergilir dalam minggu – minggu ketika kami rapat

Setiap bulan Maria dan Rosario kita awali dengan perarakan patung Bunda Maria untuk ditahtakan sebagai ibu Tuhan Yesus. Kami para legioner selalu mengajak umat bersama – sama berdoa sebelum misa juga saat misa harian setiap pagi. Pada Misa Minggu sore tanggal 30 September prosesi pentatahan patung Bunda Maria kami libatkan anak – anak panti Asuhan Desa Putera untuk ikut pada perarakan tesebut. Kapel BK di laksanakan pada hari Minggu pagi, Petugas tatib dan perarakan dari Legio Maria yang terlibat dalam presidium Bunda Yang Tersuci.

Bentuk penghormatan lain pada bulan Rosario adalah mendoakan para legioner yang sudah meninggal termasuk anggota yang salah satu dari mereka merupakan anggota legio dari anak, atau suami dengan doa Rosario bersama atau bentuk khusus doa Legio yang dinamakan dengan Doa Tesera secara bersama oleh para legioner yang tergabung dalam presidium serta ada acara ziarah ke tempat – tempat ziarah yang terdekat dalam presidium.

Mari kita mencintai Bunda Maria yang senantisa mendoakan dan meyertai Gereja sampai akhir zaman.

 

Chatarina

admin

"Hidup ini seperti pensil yang pasti akan habis, tetapi meninggalkan tulisan-tulisan yang indah dalam kehidupan"

You may also like...