Kaderisari Pelayan Pastoral KAJ 2016

Foto Prasetyo - Kaderisasi tim kateketik KAJ (Agustus 2016) (37)Predicate Evangelium Per Vitam et Liberitatem. Tak terasa pelaksanaan Kaderisari Pelayan Pastoral KAJ 2016 yang diselenggarakan oleh Komisi Kateketik KAJ sudah berakhir. Program itu terselenggara dari tanggal 9 April s.d 21 Agustus 2016 di Wisma Samadi, Klender selama 12 hari Sabtu 3 sesi per hari (36 x pertemuan) dan diakhiri dengan Retret 20 s.d 21 Agustus 2016 di tempat yang sama.

Foto Prasetyo - Kaderisasi tim kateketik KAJ (Agustus 2016) (35)Program Kaderisasi ini sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) ARDAS 2016-2020 di bawah sub judul Tujuan yaitu: Iman yang tangguh dengan meningkatkan katekese yang hidup dan memerdekakan, dan salah satu target yang hendak dicapai adalah terdapatnya 1 orang katekis/ pembina, 1 liturgis dan 1 prodiakon, yang kompeten, kreatif dan berkomitmen di tiap lingkungan. Setiap paroki diminta mengirimkan 2 peserta untuk mengikuti kaderisasi tersebut. Dari Paroki Jagakarsa mengirimkan 2 perwakilan.Jumlah peserta sebanyak 96 orang (45 Paroki yang ikut serta dari 65 Paroki di KAJ).

Materi Kaderisasi ada 4 Bagian yaitu: 1. Beriman, 2. BerdoaBeribadat, 3. Menggereja, 4. Memasyarakat. Para Pengajarnya adalah RD. Rudy Hartono, Petrus Danan Widharsana, RD. Simon Lili Tjahyadi, RD. Vitus Rubyanto, SX , RD. Alfonsus Widi, SX, RD. Hironimus Sridanto, Monica Mei Fung, Felix Iwan Wijayanto, Andreas Bangun Wibawa, Stanislaus Hendro Budiyanto, Pancrasius Niksan, RD, Y. Purbo Tamtomo, RD. Samuel Pengestu, RD F.A. Teguh Santosa, RD. Al. Andang L. Binawan SY, RD Thomas Ulun Ismoyo Jadi.

Materi yang diberikan menjawab kebutuhan umat yang mendambakan panduan dan tuntunan yang bisa meneguhkan iman mereka. Tantangan zaman beraneka ragam sering membuat iman mereka goyah, dan karena pengaruh arus sekuralisasi, Tuhan sedikit demi sedikit terpinggirkan. Iman masuk ke wilayah pinggiran. Itulah sebabnya pembaharuan iman sangat diperlukan.Materi yang dipelajari selama kaderisasi dirasakan peserta cukup menjawab kebutuhan umat untuk memperbarui iman, pertobatan, perubahan hidup untuk menjadi lebih baik lagi. Tim Kateketik KAJ juga memberikan materi praktek pengajaran dalam berkatekese untuk para peserta dengan kerjasama kelompok tiap dekenat dan dipresentasikan serta diberikan masukan dan arahan oleh Tim.

Foto Prasetyo - Kaderisasi tim kateketik KAJ (Agustus 2016) (15)

Di akhir kegiatan kami para peserta dikumpulkan tiap Dekenat untuk membuat komitmen. Paroki Jagakarsa termasuk Dekenat Selatan berkumpul untuk membuat komitmen bersama yang akan dikoordinasikan dengan masingmasing paroki. Akhir kata kami dari seksi katekese mengucapkan terima kasih kepada Romo FX. Sutarno, MSF dan Dewan Paroki yang memberi kesempatan pada kami untuk mengikuti program Kaderisasi ini. Tugas kami menanti, dengan kerendahan hati di dalam Yesus Kristus kami percaya semua akan dibimbing dalam karya Roh Kudus, dengan kerendahan hati kami juga mohon kerja sama semua umat, seksi lain dan kelompok kategorial, Dewan Paroki dan Dewan Pleno dalam rangka mengembangkan pewartaan di lingkungan/wilayah.

Predicate Evangelium Per Vitam et Liberitatem.Mewartakan Kabar Suka Cita Injilyang hidup dan memerdekakan.

► rina & Floren

Sie katekse jagakarsa

admin

"Hidup ini seperti pensil yang pasti akan habis, tetapi meninggalkan tulisan-tulisan yang indah dalam kehidupan"

You may also like...