KASIH BUNDA MARIA

Selasa 15 September 2020

Bacaan Injil Luk. 2:33-35

Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: “Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan, dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri—, supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang.” (Luk 2: 34-35)

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Setiap manusia pasti memiliki luka, entah luka itu sudah sembuh atau masih kita rasakan saat ini. Seperti Reno yang merasakan sedih dan terluka karena perasaan hatinya yang tidak terbalaskan. Reno menceritakan kesedihannya kepada ibunya dan ibunya memberikan nasihat bahwa Reno harus fokus dalam sekolah dan belajarnya terlebih dahulu, jika sudah kuliah Reno diizinkan untuk memiliki hubungan dengan seseorang. Reno menuruti perkataan ibunya karena rasa sayang dan Reno menyadari bahwa ibunya lebih memahami Reno daripada Reno sendiri dalam hal seperti ini. Reno sangat bersyukur karena memiliki ibu yang sangat sayang dan memahami Reno.

Cerita di atas berkaitan dengan Injil hari ini, dimana ibu Reno sangat mengasihi anaknya, begitu pula Bunda Maria yang sangat mengasihi Yesus. Hatinya terheran-heran saat mendengarkan perkataan Simeon. Walaupun demikian, Maria tetap mengasihi Yesus dan selalu menjaga Yesus. Maria sebagai ibu tidak pernah memikirkan untuk meninggalkan Yesus, justru selalu ingin berada disampingnya sampai Yesus wafat di kayu salib. Itulah kasih bunda Maria yang sudah diberikan kepada Yesus.

Kasih seorang ibu selalu tulus untuk anaknya. Sekarang apakah kita sebagai anak sudah tulus menyayangi ibu kita masing-masing? Mengasihi ibu bisa dilakukan dengan hal yang mudah seperti selalu ada di dekat ibu, mendengarkan nasehatnya, membantu pekerjaan rumah, semangat belajar dan banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk membuat ibu kita merasa bahagia dan tenang.

REFLEKSI

Dapatkah kita setiap hari membuat ibu kita senang dan membuatnya bangga akan perbuatan kita?

DOA

Tuhan Yesus yang ajaib, hari ini melalui firman-Mu, Engkau telah mengingatkan kami untuk memberikan kasih kepada Ibu kami. Ajarilah kami untuk selalu menghormati orangtua kami seperti Engkau yang selau menyayangi bunda Maria. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

AKSI

Mari setiap hari kita membuat ibu senang dan membuatnya bangga akan perbuatan kita.

Selamat beraktivitas, Tuhan Memberkati.

 

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

 

 

You may also like...