KITA ADALAH SAKSI-SAKSI KRISTUS

Senin 18 Mei 2020

Renungan sabda Allah. (Yoh. 15:26–16:4a)

Gereja Katolik sudah ada di dunia ini dua ribu tahun yang lalu. Yesus sudah memprediksikan hal ini dan ini memang telah Ia rencanakan. Bagaimana bisa Gereja-Nya bertumbuh dan berkembang hingga sekarang ini sejak berdirinya Gereja perdana mulai dari peristiwa Pentakosta?. Semua tidak lepas dari peran para rasul yang diutus Yesus menjadi saksi-saksi-Nya. Sejak peristiwa Pentakosta, ketika para rasul dicurahi Roh Kudus, mereka dengan bersemangat dan berani mewartakan Injil ke tempat-tempat lain. Mula-mula ke tempat-tempat yang tidak terlalu jauh dari Yerusalem dan sekarang akhirnya sampai ke seluruh penjuru dunia. Dan itu berkat para pengikut-pengikut Yesus yang selalu bertambah dari waktu ke waktu, dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dalam Injil hari ini Yesus berkata bahwa setelah Ia naik ke surga, Ia akan mengutus Roh Kudus yang datang dari Bapa kepada semua pengikut-Nya. Roh Kudus itu, yang tinggal dalam hati kita sekarang ini, akan bersaksi tentang Yesus kepada kita. Sebagai konsekwensinya, kita juga harus menjadi saksi Yesus selama hidup di dunia ini. Seseorang yang telah dibaptis, memiliki tritugas, yaitu tugas kenabian, imamat dan rajawi. Tugas kesaksian harus kita laksanakan dalam kerangka tritugas itu.

Menjadi saksi Krisrus tidak ringan sebagaimana Yesus yang dibenci, ditolak, dianiaya dan dibunuh. Yesus sudah memperingatkan kita tentang hal ini. Seorang saksi pada jaman sekarang ini lebih berat lagi karena kebenaran yang ia sampaikan tidak akan disukai oleh orang-orang tertentu yang membenci kebenaran dan oleh karenanya nyawa menjadi taruhannya. Demikian juga dengan kita. Tapi Yesus membesarkan hati kita dengan sabda-Nya: “Aku berkata kepadamu, hai sahabat-sahabat-Ku, janganlah kamu takut terhadap mereka yang dapat membunuh tubuh dan kemudian tidak dapat berbuat apa-apa lagi” (Luk 12:4). Namun jaminan keselamatan jiwa kita adalah Yesus sendiri.

Renungan oleh Pak Chris Nugroho

Seksi Katekese PJGRR

 

You may also like...