Melakukan Hal Kecil Untuk Gerejaku

 


Banyak orang yang selaman ini berpikir hanya pemerintah atau perusahaan besar saja yang dapat melakukan pelestarian lingkungan hidup. Namun sesungguhnya kitapun dapat melakukan pelestarian lingkungan hidup pada lingkungan di sekitar kita, cukup hanya memulainya dari hal-hal kecil, mudah dan sederhana. 

Mungkin banyak dari kita yang sudah terbiasa dengan pemandangan tata bunga altar yang sangat indah tetapi minggu lalu ada sedikit perubahan dimana rangkaian bunga tersebut sudah diganti dengan pot-pot pohon hidup. Mengapa? Berpedoman pada Arah Dasar Keuskupan Agung KAJ 2016-2020 yaitu meningkatkan keterlibatan umat dalam menjaga lingkungan hidup di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Maka segenap umat Kapel Bahtera Kasih menanggapinya dengan mengganti rangkaian tata bunga altar dengan pohon hidup sejak minggu terakhir Januari 2016. Swadaya umat dalam hal ini sungguh luar biasa karena sudah ada beberapa umat yang memberikan bunga-bunga hidup di rumah mereka untuk nantinya dapat dipakai sebagai bunga penghias altar. Bukan menjadi hal yang sulit untuk merawat pot-pot bunga tersebut karena pot bunga hidup tersebut ketika tidak dipergunakan  menjadi penghias Gua Maria dan para umat juga dilibatkan dalam perawatannya seperti penyiraman ataupun pemberian pupuk. 

Begitu menyenangkan ketika begitu banyak umat mau terlibat dan peduli pada Gerejanya. Keterlibatan umat juga terlihat pada Misa hari Minggu yang menjadikan suasana Misa sungguh berbeda. Koor bernyanyi tidak hanya diiringi dengan organ tetapi juga dengan seruling, biola dan gitar. Lagu-lagu bertema taize mengalun dengan indahnya. Menjadikan suasana Misa sungguh berbeda dari biasanya.

  

Begitu banyak umat tersentuh dengan suasana Misa yang berbeda, lagu-lagu taize yang mengiringi Misa saat itu serta pohon-pohon hijau yang menghiasi sekeliling altar. Kita wujudkan apa yang telah menjadi Ardas KAJ untuk tahun ini. Apalagi yang bisa kita lakukan buat Gereja kita? Mari bersama memberikan hal yang terbaik buat Gereja kita. 

Keterlibatan semua umat dalam kehidupan menggereja, apapun bentuknya, sekecil apapun andilnya sungguh membuat gereja menjadi luar biasa. Maukah kita terlibat didalamnya menjadi pelayan pelayan Tuhan dan sungguh melayaniNya dengan sukacita? Biarlah kiranya Allah menyempurnakan semua karya baik yang telah kita buat.

christiana rahtri

 

admin

"Hidup ini seperti pensil yang pasti akan habis, tetapi meninggalkan tulisan-tulisan yang indah dalam kehidupan"

You may also like...