MINGGU PANGGILAN

Kesaksian Minggu Panggilan Bruder Konrad BM

Misa Minggu Panggilan di Kapel Desa Putera Paroki Jagakarsa Gereja Ratu Rosari pada misa pagi 12 Mei 2019 menjadi menarik, karena Romo Sutarno MSF selaku Romo Paroki Jagakarsa menampilkan 5 kesaksian panggilan dari para bruder,suster dan awam. Salah satunya adalah  karya Bruder Konrad BM ( Budi Mulia ).

Di usianya yang lebih dari separuh abad Bruder ini mengabdikan diri hadir sebagai tenaga kesehatan Katolik ditengah-tengah daerah dan komunitas Muslim Betawi, Sunda dan Jawa Barat/Keuskupan Bogor. Atas keyakinan inisiatifnya ia merintis klinik karya kesehatan di Citayam, Ciampea, Ciomas dan daerah-daerah terpencil dengan kesehatan yang buruk dan hampir tidak ada umat katolik di pelosok daerah tersebut. Ia melihat karya Gereja seperti menara gading hanya dikenal terpusat di kota saja.

Bruder Konrad yakin Roh Kudus mengawalnya selalu dan dengan kepiawaiannya bergaul ia dapat di terima sepenuh hati oleh masyarakat sekitar. Karya pelayanan kesehatan untuk anak-anak justru dilakukan bersamaan pada waktu orang tua mereka melakukan pengajian sampai akhirnya ia diterima sebagai keluarga masyarakat setempat. Ia juga terkadang diminta hadir dan memberikan tausiah pada kegiatan tahlilan. Meneladan Ibu Teresa, ia dengan ikhlas merawat warga desa yang sakit keras dan sudah tidak ada harapan untuk dibawa pulang kerumah.

Hadir dalam bencana dan duka membawa kasih

Ia selalu hadir pada konflik dan bencana besar seperti di Timtim, Aceh, Gempa Jogja, Padang dan selalu diterima oleh masyarakat karena pesan yang dibawa adalah cinta kasih dan kepedulian kepada sesama. Ketika berkarya di daerah pedesaan paling ujung dari Keuskupan Bogor yakni Pandeglang yang hampir tidak ada umat katolik disana, para orang muda desa yang pernah mengenyam Pendidikan Perawat RS Misi Lebak sangat menolongnya. Mereka meskipun bukan katolik sangat mengerti orang katolik karena identik dengan orang yang berjiwa cinta kasih. Bruder dalam minggu panggilan ini mengajak dan mempersilahkan orang muda untuk ikut hadir membagi kasih melayani orang kecil di pelosok-pelosok desa.

Saya jadi ingat pesan Paus Fransiskus baru-baru ini panggilan kita bukan membaptis orang tetapi menjadi saksi cinta kasih Tuhan kita Yesus Kristus dan membagikan dengan penuh sukacita pada semua orang.

Bpk L Suryoto

Paroki Kelapa Dua – Depok

You may also like...