HR. Pembaptisan Tuhan (Lukas 3:15-16.21-22)

Ketika seluruh orang banyak itu telah dibaptis dan ketika Yesus juga dibaptis dan sedang berdoa, terbukalah langit dan turunlah Roh Kudus dalam rupa burung merpati ke atasNya. Dan terdengarlah suara dari langit: “Engkaulah AnakKu yang Kukasihi, kepadaMulah Aku berkenan.” (Luk 3:21-22)

Pembaptisan adalah pintu masuk untuk menjadi seorang pengikut Kristus. Prosesnya dimulai dengan mengikuti pelajaran katekumen selama satu tahun dan dibarengi dengan tes-tes penguji. Bila gagal dalam tes atau absen selama proses pembelajaran tersebut, maka wajib mengulangi selama satu tahun kembali. Tidak gampang menjadi seorang Katolik. Tidak seperti gambaran masyarakat umum bahwa menjadi seorang Katolik cukup ikut pelajaran beberapa hari lalu dibaptis. Tidak semudah itu….tidak ada kata INSTAN dalam kamus seorang Katolik.

Namun apa artinya pembaptisan bagi seorang Putera Allah?
Yesus dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan bukan sebagai tanda pertobatan. Pembaptisan Yohanes menjadi tanda pernyataan akan keilahian Yesus sebagai Putera Allah. Pembaptisan ini pun menjadi tanda dimulainya karya pewartaan Yesus. Melalui pembaptisan ini, Yohanes Pembaptis mau mengatakan bahwa Yesus adalah Sang Mesias yang tlah dinubuatkan sejak dahulu, dan dipertegas oleh turunnya Roh Kudus dalam rupa merpati. Pada saat inilah
Allah sebagai Tritunggal dinyatakan untuk pertama kalinya. Suara Bapa dari Langit, Sang Putra yang dibaptis, dan Roh Kudus dalam rupa merpati adalah simbol Tritunggal Mahakudus.

Dalam Tritunggal Mahakudus ini pula, kita dimeteraikan melalui pembaptisan. Menyiratkan kehadiran Allah sejak awal kehidupan kita sebab kita adalah kepunyaan Allah dan dalam Pembaptisan itu pula kita beroleh rahmat khusus yang menguduskan diri kita seutuhnya.

Tuhan Memberkati.

 

Renungan Minggu 13 Januari 2019
Pesta Pembaptisan Tuhan
Yesus itu adalah Anak Allah
Sumber : Lukas 3:15-16.21-22

Isti Nugroho

admin

"Hidup ini seperti pensil yang pasti akan habis, tetapi meninggalkan tulisan-tulisan yang indah dalam kehidupan"

You may also like...