Penantian Itupun Tiba

Tampak terlihat raut wajah gelisah para calon penerima Sakramen Baptis Dewasa yang sedang duduk di ruang Sekretariat Paroki (Pastoran) untuk menunggu suatu wawancara. Ada yang duduk sambil menghafal doa-doa, ada yang membaca kembali catatan-catatan selama pelajaran, dll.


Hari itu, Minggu (13/3), para calon penerima Sakramen Baptis Dewasa hadir di Pastoran untuk mengikuti wawancara. Romo Tarno, MSF – Romo Irawan, MSF – dan Bapak Giatno sebagai tim wawancara telah bersiap di ruangan masing-masing untuk menguji kesiapan para calon Baptis Dewasa. "Grogi ya?", taya bu Tutik kepada salah seorang anak. "Iya bu, deg-degan", jawab si anak. "Sudah tidak usah takut, grogi, gelisah, tes ini hanya ngobrol saja kok tentang kesiapan kalian", jawab bu Tutik. Wawancara pun berakhir. Rasa cemas, grogi, gelisah dan sebagainya telah berubah menjadi kelegaan setelah hasil wawancara seluruh calon Baptis dinyatakan lulus. Sebelum mereka pulang, ibu Tutik menghimbau agar para calon Baptis dapat hadir tepat waktu saat pelaksanaan gladi bersih pada Selasa (22/3) dan penerimaan Sakramen Baptis yang dilaksanakan pada Rabu (23/3), pukul 18.00 WIB di Kapel Desa Putera.

Rabu (23/3) pukul 18.00, pelaksanaan Sakramen Baptispun dilaksanakan dalam perayaan misa kudus yang dipersembahkan oleh Romo Irawan, MSF. Dalam kotbahnya Romo Irawan MSF memberikan motivasi agar mereka setelah menerima Sakramen Baptis dapat terus belajar agar keimanan akan Yesus Kristus semakin diteguhkan. "Ayo, siapa yang belum siap di baptis silahkan mengundurkan diri. Masih ada kesempatan loh", canda Romo Irawan, MSF memecah ketegangan para calon Baptis Dewasa. Umat yang hadir pun tertawa. Prosesi pembaptisan diawali dengan peneguhan iman bagi empat orang calon Baptis dengan berdoa syahadat para rasul. Disusul dengan pengurapan minyak Baptis oleh Romo Irawan, MSF. Kemudian tujuhbelas orang calon Baptis dipanggil satu persatu, didampingil oleh wali Baptis untuk menerima Sakramen Baptis. Tahun ini Baptisan dewasa tidak dibarengi dengan penerimaan Sakramen Krisma. Sakramen Krisma akan diterima mereka tahun 2017 mendatang. Selesai misa para penerima Sakramen Baptis mengabadikan kebahagiaan ini dengan foto bersama. Ucapan selamat dari para pedamping, kerabat, keluarga dan rekan-rekan mereka yang hadir melengkapi kebahagiaan mereka. Usai sudah penantian mereka hampir satu tahun penuh dan diharapkan iman mereka semakin tumbuh dan berkembang menjadi pribadi-pribadi yang tangguh di dalam iman akan Yesus Kristus Sang Juru Selamat. Proviciat.

  • jk.one

You may also like...

Paroki Jagakarsa

Paroki Jagakarsa