RENUNGAN ADVEN

Minggu 06 Desember 2020

Renungan Adven

Saudara-saudari yang terkasih dalam Yesus Kristus,

Tak terasa, saat ini kita sudah menapaki Masa Adven 2020. Kita patut bersyukur meski di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, kita masih diperkenankan Tuhan untuk mempersiapkan diri menyambut kedatanganNya pada hari Natal.

Adven adalah saat Rahmat menantikan kedatangan Tuhan secara khusus dan istimewa. Apakah Tuhan datang hanya pada masa Adven dan Natal? Tentu saja tidak! Adven adalah saat dan kesempatan bagi kita untuk menyiapkan diri dan hati untuk kedatanganNya secara khusus pada hari raya Natal, sementara Ia sudah datang. Ia juga sedang datang dalam keseharian dan pengalaman hidup kita. Ia juga akan datang pada akhir zaman dimana kita tidak tahu kapan waktunya terjadi. Ia akan datang dalam kemuliaanNya. Dalam Injil Matius 24: 44, Yesus mengingatkan kita: Hendaklah kamu siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.” Yesus ingin agar kita berjaga-jaga.

Apa yang harus kita lakukan agar kita dapat berjaga-jaga? Pertama, kita dapat berjaga-jaga dengan menjaga hati kita. Segala perkataan dan perbuatan kita keluar dari hati kita. Oleh karena itu, jika kita mau berjaga-jaga maka kita harus menjaga hati kita agar tetap kudus.

Selain berjaga-jaga dengan menjaga hati, kita dapat berjaga-jaga dengan tindakan nyata dalam amal kasih. Kita diajak untuk berbuat kasih kepada mereka yang membutuhkan. Dalam masa pandemi ini, banyak saudara-saudara kita yang tidak lagi memiliki pengharapan karena berbagai kesulitan. Kita telah dikasihi Tuhan, maka kita selayaknya mengasihi Tuhan dalam wujud nyata mengasihi sesama. Kita diajak untuk berani berbagi dan peduli pada sesama. Mari kita terus berjuang untuk setia menjaga hati kita dan hidup sesuai kehendak Allah. Semoga kesetiaan iman kita akan menjadi kado Natal yang menyenangkan hati Yesus dan orang-orang di sekitar kita.

Oleh : Patricia Nielwiyanti

 

 

 

You may also like...