Tuhan Bangkit, Kita pun Bangkit

Hampir keseluruhan Misa Pekan Suci di Kapel Bahtera Kasih berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Umat pun hadir bersama keluarganya masing-masing untuk mengikuti Misa Kamis Putih – Ibadat Jumat Agung – Malam Vigili Paskah – dan Minggu Paskah Kebangkitan Tuhan. Panitia penyelenggara pun tak luput dari kesibukan mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan. Hanya satu harapan, umat dapat nyaman dan khusyuk mengikuti Trihari Suci. Ketekunan dan kesetiaan kita menjalani perayaan demi perayaan sengsara, wafat dan kebangkitan Tuhan kita Yesus Kristus telah berlalu. Namun semangat kita untuk terus mengikuti Yesus mewartakan kabar sukacita terus berlanjut.

Misa Kamis Putih dipimpin oleh Romo Irawan, misa untuk mengenangkan Perjamuan Terakhir Yesus bersama muridNya. Yesus tidak mewariskan pakaian, tempat tinggal ataupun uang, tetapi mewariskan Tubuh dan Darahnya menjadi makanan dan minuman Ekaristi yang menunjukkan kebutuhan dari manusia di dunia ini. Misa Kamis Putih menjadi teladan Yesus kepada para muridnya untuk menjadi Pelayan buat sesama serta menjadi pengenangan akan penghianatan yang dilakukan Petrus dan Yudas.

Misa Jumat Agung dipimpin oleh Romo Tarno mengingatkan cinta Yesus yang sungguh total dengan mengurbankan diriNya di kayu salib dan kita diajak untuk menjawab cinta Yesus kepada kita dengan membagikannya kepada sesama, kita juga diajak untuk mengasah dan memurnikan cinta kita kepada Allah, juga makin sabar menghadapi sesama.

Paskah menjadi puncak perayaan Pekan Suci dimana Yesus yang wafat dan dimakamkan bangkit dari kematian hal yang merupakan peristiwa paling sakral dalam hidup Yesus. Ini pesan penting buat kita sebagai umat yang beriman kepada Yesus yang berarti kita mengimani kebangkitanNya dari antara orang mati lalu hidup dan jiwai oleh Roh Allah sendiri, Roh Yesus sendiri yang tidak Nampak oleh mata indera kita.

Melalui Perayaan Paskah ini kita diundang oleh Allah sendiri bahwa sebagai orang beriman kita dipanggil untuk mencari dan menjumpai Tuhan di dalam diri orang yang hidup yang merupakan orang yang penuh harapan dan semangat yang punya gairah hidup, gembira dan ceria.

Kita sebagi murid-murid Kristus dibesarkan hati kita, dibesarkan pengharapan kita bahwa Yesus yang kita ikuti dan kita sembah bukanlah Tuhan yang mati, yang kalah atas dosa tetapi Tuhan yang bangkit dengan mulia yang senantiasa mengalahkan kuasa-kuasa kegelapan dan kita mengikutiNya semakin dekat sampai kepenuhan akhir jaman nanti. Demikian ajakan Romo Irawan dalam kotbahnya untuk kita semua.

Romo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh umat yang telah berpartisipasi dalam Perayaan Pekan Suci di Kapel Bahtera Kasih sehingga semuanya bisa berlangsung dengan lancar. Memang ada sedikit hal yang dipertanyakan beberapa umat dengan penggunaan proyektor di Kapel Bahtera Kasih, karena Bacaan Injil yang tidak ditampilkan, sesuai arahan dari Romo yaitu umat diharapkan untuk lebih konsentrasi untuk mendengarkan Bacaan Injil yang sedang dibacakan. Dari beberapa umat yang ditanyakan terkait penggunaan proyektor ini mereka mendukungnya karena sangat membantu jalannya Misa. Kami Tim Sie Liturgi Kapel Bahtera Kasih sungguh mengharapkan masukan untuk perbaikan, format tampilan atau apapun sehingga pelayanan Misa untuk seluruh umat bisa lebih baik lagi kedepannya. Berkah Dalem.

  • Chris

You may also like...