Workshop Public Speaking – Prodiakon PJGRR

* PERUBAHAN * (DR. WALTER DOYLE STAPLES)

Kalau anda mengubah pemikiran anda, Anda mengubah keyakinan-keyakinan anda;

Kalau anda mengubah keyakinan-keyakinan anda, Anda mengubah harapan-harapan anda;

Kalau anda mengubah harapan-harapan anda, Anda mengubah sikap anda;

Kalau anda mengubah sikap anda, Anda mengubah tingkah laku anda,

Bila anda mengubah tingkah laku anda, Anda mengubah unjuk kerja anda;

Bila anda mengubah unjuk kerja, Anda mengubah hidup anda !

 

Rangkaian kata dalam untaian kalimat di atas menjadi pembuka dalam tahapan Workshop Public Speaking bagi para Prodiakon Paroki Jagakarsa Gereja Ratu Rosari yang diadakan selama 3 pertemuan berturut-turut mulai dari 19 Mei, 16 Juni, dan 21 Juli yang lalu.

Atas inisiasi dari para Prodiakon yang telah melayani dalam 2 periode berjalan, Workshop ini dimaksudkan untuk mengoptimalkan potensi masing-masing Prodiakon terkait pelayanan yang diembannya seperti memandu ibadat di lingkungan dengan memberikan renungan-renungan secara baik.

Meskipun bakat untuk berkomunikasi telah melekat pada masing-masing individu sedari kecil, kenyataannya masih saja ada saat dimana para prodiakon seakan kehabisan kata di saat memandu ibadat lingkungan ataupun kesulitan dalam menyampaikan pesan dari perikop-perikop Kitab Suci.

 

Pada pertemuan pertama, prodiakon diberikan materi akan pengenalan pribadi. Apa yang menjadi kekuatan maupun kelemahan masing-masing pribadi pada akhirnya akan berpengaruh besar terhadap kemampuan berbicara / berkomunikasi terhadap umat.

Pada pertemuan kedua, prodiakon diberikan materi lebih mendalam mengenai dasar-dasar komunikasi dan diberikan kesempatan melalui kelompok-kelompok kecil untuk melakukan presentasi / paparan sesuai dengan topik yang telah ditentukan oleh panitia kecil workshop tersebut.

Pada pertemuan ketiga, kembali prodiakon diberikan kesempatan menyampaikan renungan dengan secara khusus mengambil topik-topik dari Perikop Kitab Suci. Beberapa prodiakon bahkan sudah cukup baik dalam mempersiapkan renungan dengan ayat Kitab Suci yang mereka pilih sendiri sebagai bahan renungan.

 

Secara khusus para prodiakon Paroki Jagakarsa menyampaikan rasa terima kasih mendalam kepada Bapak Widie Tjahjanto, yang dengan begitu sabar dan detail telah menyampaikan materi-materi Public Speaking di ketiga pertemuan tersebut. Tidak lupa prodiakon Paroki Jagakarsa juga bersyukur dan sangat berterima kasih atas dukungan dari pihak SD Budi Mulia Desa Putera, yang telah memberikan peminjaman Pendopo dan Ruang Kelas untuk penyelenggaraan Workshop tersebut.

 

Akhirnya, semoga workshop public speaking para prodiakon Paroki Jagakarsa yang telah terlaksana bisa turut memberikan kontribusi bagi perkembangan iman warga lingkungan dimana masing-masing prodiakon berdomisili. Tuhan Memberkati. (age)

 

 

https://www.instagram.com/p/B0R03r5AL3g/?igshid=1klj2grtx92zu

You may also like...