YESUS JAMINAN HIDUP KEKAL

Minggu 24 Mei 2020

Renungan sabda Allah. (Yohanes 17:1-11a)

Bacaan Injil hari-hari terakhir ini adalah tentang pesan-pesan Yesus kepada para murid-Nya sebelum Ia kembali kepada Bapa-Nya di surga. Hal ini dilakukan Yesus karena Ia memegang teguh amanat yang Ia terima dari Bapa-Nya dan karena ketaatannya. Yesus merasa telah selesai dengan tugas perutusan-Nya yang Ia laksanakan dengan baik dan tuntas. Ia tidak hendak mengecewakan Bapa-Nya. Namun di atas semua itu, ialah karena Ia sungguh mencintai Bapa-Nya.

Tujuan Yesus datang ke dunia ialah untuk memberikan hidup yang kekal kepada semua yang telah Allah Bapa berikan kepada-Nya, dan percaya kepada-Nya, yaitu bahwa mereka mengenal Bapa-Nya, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal-Nya yang telah diutus-Nya. Namun untuk menerima hidup yang kekal itu para murid harus mau mendengarkan firman Yesus yang Ia terima dari Bapa-Nya dan melaksanakannya. Untuk itu mereka harus mau menjadi murid-murid dan saksi-saksi-Nya guna mewartakan kabar keselamatan. Yesus tahu bahwa untuk melaksanakan firman-Nya, seorang murid harus siap menghadapi segala marabahaya, penderitaan dan penganiayaan. Maka, Ia mohon kepada Bapa-Nya untuk memelihara, menjaga dan melindungi mereka dari segala yang jahat.

Bagaimana dengan kita? Semoga kita mau menanggapi kehendak Yesus ini yang Ia perkuat dengan doa yang Ia tujukan kepada Bapa-Nya. Mengandalkan diri sendiri pastilah kita tidak akan mampu. Yesus juga berkata: “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Roh Kudus akan selalu menolong kita  dalam kita melakukan tugas perutusan kita.

Renungan oleh Pak Chris Nugroho

Seksi Katekese PJGRR

 

You may also like...