MENGAMPUNI

Minggu 13 September 2020

Bacaan Injil Matius (18:21-35)

Maka Bapa-Ku yang di sorga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu. (Matius 18:35)

 

Bapak, ibu dan teman-teman yang dikasihi Tuhan,

Mengampuni sesama memang sangat sering kita dengar, tetapi apakah mudah untuk kita lakukan? Sering kali saat kita merasa disakiti oleh orang lain, apakah kita dengan mudah memaafkan? Apakah kita dengan ikhlas mengampuni? Saya pernah merasakan disakiti oleh teman sendiri, ia berbohong kepada saya. Bagi saya sangat sulit untuk memaafkan, butuh waktu yang cukup lama untuk saya dapat memaafkannya. Pada akhirnya saya sadar jika saya sering kali melukai hati Tuhan, tetapi Tuhan selalu memberikan kebaikan-Nya setiap pagi melalui napas yang sudah saya terima sampai saat ini.

Injil pada hari ini mengingatkan kita bahwa Tuhan Yesus itu baik dan penuh kasih. Ia akan mengampuni kesalahan kita, jika kita mau dengan sungguh-sungguh mengakui kesalahan di hadapan- Nya. Saat kita sungguh menyesali dan berusaha untuk tidak menyakiti siapapun, Ia akan memberikan pengampunan. Bayangkan bagaimana perasaan Tuhan yang kecewa jika kita menyakiti-Nya berkali-kali. Dia tidak menjauh, melainkan tetap mendampingi agar kita tidak semakin jauh dari-Nya. Jika ada orang lain yang menyakiti kita, hendaklah kita sama seperti Tuhan Yesus yang dengan penuh kasih mudah untuk mengampuni.

Kekecewaan terhadap orang lain pasti pernah kita alami dan kekecewaan itu jika di rasakan dan tidak diobati akan menjadi luka tersendiri. Oleh sebab itu marilah kita dengan rendah hati menyadari bahwa  hidup  penuh  kasih  itu  lebih  baik  daripada  hanya  merasakan  kekecewaan.  Jika  dirasa  sulit, mintalah bantuan agar Dia selalu mendampingi dan membimbing kita untuk melakukan semua hal baik.

 

REFLEKSI

Maukah  aku  merasakan  kasih  Tuhan  Yesus  melalui  pengampunan  yang  Ia  berikan  dan  mampu memaafkan orang yang menyakiti aku?

 

DOA

Tuhan Yesus yang penuh kasih, terimakasih atas atas segala kebaikan yang Engkau telah berikan kepada kami.  Ajarilah kami  untuk selalu mengampuni  kesalahan orang lain dan dapat  dengan rendah hati mengakui kesalahan yang telah kami perbuat. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin

 

AKSI

Aku mau merasakan kasih Tuhan Yesus melalui pengampunan yang Ia berikan dan mampu memaafkan orang yang menyakiti aku

Sumber : Renungan BKSN Komisi Kateketik KAJ

 

You may also like...