MENGENAL ALLAH MELALUI YESUS

Minggu 10 Mei 2020

Renungan sabda Allah. (Yohanes 14:1-12)

Wajar jika seorang murid, setelah terlibat dalam proses belajar selama sekian waktu, bertanya kepada dirinya sendiri ilmu yang sudah ia terima akan mengantar hidupnya kemana dan dapat ia aplikasikan seperti apa. Jika tidak, tentu akan sia-sialah segala sesuatu yang sudah ia kurbankan, baik waktu, tenaga, pikiran dan lain lain. Hal itu patut ia pertanyakan karena sebelum memulai proses pembelajaran, tentunya ia merasakan ada dorongan atau motivasi yang membuatnya tertarik pada proses belajar tersebut.

Demikian pula seperti yang dikisahkan dalam Injil hari ini dan dua hari berturut turut kemarin. Filipus, salah seorang murid Yesus, meminta Yesus, untuk menunjukkan Bapa-Nya kepadanya dan murid-murid yang lain. Alasan Filipus menanyakan hal itu ialah karena Yesus memintanya untuk percaya kepada-Nya; barangsiapa percaya kepada-Nya, percaya juga kepada Bapa-Nya dan barangsiapa telah melihat-Nya, juga telah melihat Bapa-Nya. Yesus lebih jelas berkata bahwa Ia ada dalam Bapa dan Bapa ada dalam Dia. dan bahwa Ia diutus Bapa datang ke dunia.

Akhirnya para murid mulai mengenal Yesus dan Bapa-Nya dan dari mana Ia berasal. Pengetahuan mereka tentang Yesus menjadi semakin lengkap dan matang seiring dengan berjalannya waktu, meskipun harus mereka lalui dengan jatuh bangun hingga kebangkitan Yesus. Sebelum Yesus bangkit, iman mereka diuji dengan penderitaan dan kematian Yesus. Mereka tidak begitu saja dapat mengerti dan menerima apa yang dialami sang Guru. Namun setelah Yesus bangkit hingga Ia naik ke surga, iman mereka semakin sempurna dan mereka hayati. Kisah Filipus ini senada dengan apa yang dialami Musa ketika putus asa sewaktu memimpin bangsa Israel menuju tanah Kanaan, berkata kepada Allah: “Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku.” (Keluaran 33:18). Musa akhirnya semakin jelas tentang posisi dirinya bahwa tugasnya ialah tugas dari Allah yang Esa. Semoga kita dapat seperti Filipus dan Musa, setelah melalui perenungan sekian lama, sungguh dapat melihat dan mengenal Yesus dan Bapa-Nya.

Renungan oleh Pak Chris Nugroho

Seksi Katekese PJGRR

You may also like...