Komuni Pertama dan Komuni bagi Orang Sakit

Komuni Pertama
Komuni Pertama

Komuni Pertama adalah istilah untuk penerimaan komuni (roti dan anggur yang telah dikonsekrasi) pertama kalinya oleh seseorang yang telah dibaptis secara Katolik. Menurut peraturan Gereja, Komuni Pertama untuk anak-anak hanya boleh diterima oleh anak-anak yang sudah dibaptis dan dipersiapkan untuk menyambut (menerima) komuni kudus.

Komuni pertama diadakan setahun sekali dalam Perayaan Hari Raya Tubuh dan Darah Kristus pada misa Minggu pagi di Kapel Desa Putera. Penanggung jawab penerimaan komuni pertama adalah Seksi Katekese. Setiap calon penerima komuni pertama wajib mengikuti pembekalan oleh Seksi Katekese. Syarat calon penerima komuni pertama adalah :

  • Mengisi formulir pendaftaran yang ditanda tangani oleh Ketua Lingkungan.
  • Calon pada saat penerimaan sudah berumur 10 tahun
  • Menyerahkan foto copy surat baptis
  • Menyerahkan pas foto 3 X 4 : 2 lembar    

KOMUNI BAGI ORANG SAKIT

komuni1

Ketua Lingkungan hendaknya menghubungi Prodiakon bila ada warganya yang sakit agar dapat menyambut komuni, jika lingkungan tidak ada Prodiakon dapat minta bantuan kepada lingkungan terdekat atau menghubungi koordinator prodiakon. Prodiakon yang bertugas untuk mengantar komuni kepada orang sakit sebaiknya Prodiakon setelah mengikuti  perayaan ekaristi.